Manajemen Bootloader - Easy BCD

Easy BCD Logo
mEnambah dan mengHapus Bootloader dengan Easy BCD 2.1.1

Easy BCD adalah software yang bisa menambah Bootloader, misalkan kita punya dua system oprasi / Dual Boot Windows XP dan Windows 7, nah pada saat windows XP kita restore maka bootloader pada Windows 7 akan hilang, dan sebaliknya pada saat windows 7 kira restore maka Bootloader windows XP akan hilang, Untuk mengatasi masalah di atas kita dapat menggunakan Software Easy BCD. Untuk Tutorial penggunaannya silahkan lanjutkan membaca.
Tutorial EasyBCD sekarang ini lebih saya tekankan kepada cara menghapus dan menambah sebuah operating system (OS) dari daftar boot dan juga cara menambahkan OS ke dalam daftar boot. Oleh karena itu, maka pada kali ini saya akan membahas masalah tersebut dengan menggunakan EasyBCD. Biar gag bertele-tele, berikut cara menghapus atau menambahkan OS ke daftar boot dengan EasyBCD

Easy BCD - Add/Remove Entries

* Menambahkan OS ke daftar boot

Selain menghapus OS dari daftar boot, seperti yang saya sebutkan tadi, EasyBCD juga bisa menambahkan OS ke daftar boot. Misalkan Anda mengistall Ubuntu sebelum menginstall Windows 7 atau XP. Maka boot loader Windows 7 tidak akan mengenali Ubuntu. Untuk itu Anda harus menambahkan Ubuntu ke daftar boot. Untuk menambah OS ikuti langkah-langkah berikut:

Easy BCD - Add an Entry
  1. Pada jendela EasyBCD pada bagian Add/Remove Entries. Di bawah Manage Existing Entries tadi Anda bisa melihat Add Entris.
  2. Untuk menambahkan OS Linux dalam contoh ini saya memakai Ubuntu, klik tab Linux. Jika ingin menambahkan OS lain selain Linux, Anda bisa mengklik masing-masing tab sesuai dengan jenis OS yang ingin Anda tambahkan.
  3. Pada tab Linux ini, pilih Grub pada input Type. Kemudian berikan nama pada OS tersebut agar gampang dikenali melalui input Name. Misalnya Ubuntu 9.10.
  4.  Lalu pada Drive, pilih partisi Anda yang sudah terinstall dengan Ubuntu. Dalam komputer saya, contoh saya memilih Partition 3 (Linux Native 20GB).
  5. Kemudian klik tombol Add Entry. Setelah itu Anda akan melihat Ubuntu telah berada pada daftar Manage Existing Entries.
  6. Sekarang restart komputer. Pada saat boot cobalah memilih OS yang Anda tambahkan tadi. Apakah Anda bisa masuk ke OS tersebut? Jika ya berarti semuanya berjalan dengan baik. Jika tidak, coba periksa partisi yang Anda pilih tadi, dan cobalah lakukan diagnosa kesalahan
* Menghapus OS dari daftar Boot
  1. Masih pada jendela yang sama, pilih salah satu OS yang ingin Anda hapus pada daftar yang tersedia dengan mengkliknya.
  2. Setelah itu klik, klik tombol Delete yang berada dibagian atas. 
Easy BCD - Manage Existing Entries 
3.   Restart komputer dan lihat hasilnya.
Jika anda belum mempunyai Easy BCD 2.1.2versi terbaru silahkan anda dapat 

Download Easy BCD 2.1.2


0 Response to "Manajemen Bootloader - Easy BCD"